Friday, 15 February 2013

jelajah istanbul ,turkey

ISTANBUL ,TURKEY..aku NAK datang.. tapi tak tau bila.. huwaaaa :'( teringin sgt nak pg ngara islam yg cantik tu.. tak dpt pergi pon takpelah..at least dah review gmbar2 yg mnarik nih dan sedikit SEJARAH ISTANBUL..


       Istanbul merupakan pusat budaya, keuangan dan kota yang paling padat penduduknya di Turki. Bahkan, Istanbul disebut-sebut sebagai kota terbesar di Eropa dengan populasi minimal 12 juta penduduk.

Istanbul terletak di barat laut Turki di daerah Marmara. Bosphorus, yang menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam, membagi kota ini. Kota ini selanjutnya dibagi oleh Golden Horn, sebuah pelabuhan alami. Lebih jauh ke masa lalu kota ini juga pernah dikenal sebagai Bizantium atau Byzantion.

 Seperti Roma, Istanbul juga disebut 'Kota Tujuh Bukit' karena bagian tertua kota ini seharusnya dibangun di atas tujuh bukit, yang masing-masing memiliki sebuah masjid bersejarah. Dalam sejarah, Istanbul pernah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi, Kekasisaran Romawi Timur (Bizantium), Kekaisaran Latin dan Kekaisaran Ottoman yang semuanya menambahkan 'rasa' yang berbeda untuk kota ini. Dan itu semua tercermin dalam arsitektur dan warisan yang bisa dilihat di Istanbul.

Seperti dikutip dari Arab News, Jumat (29/7/2011), mayoritas penduduk di sini memeluk agama Islam. Sedang agama Kristen dan Yahudi menjadi minoritas di sini. Ada lebih dari 2.200 masjid yang aktif, 123 gereja yang aktif dan 26 sinagog yang aktif.

Istanbul juga biasa disebut sebagai Kota Menara karena memiliki sejumlah besar masjid, yang masing-masing setidaknya memiliki empat menara. Salah satu masjid tertua dan terbesar di Istanbul adalah Sultan Ahmed. Masjid itu juga dikenal sebagai Masjid Biru karena ubin biru yang menghiasi dinding interiornya.

                                             

Masjid Biru, yang memiliki enam menara, dibangun antara tahun 1609 dan 1616. Dan seperti masjid lain pada waktu itu, Masjid Biru digunakan sebagai sekolah Islam dan masjid untuk berdoa.

Sementara itu, di kota yang sama terdapat Grand Bazaar yang merupakan salah satu pasar tertutup, terbesar dan tertua di dunia. Dengan lebih dari 4.400 toko di 64 jalan dan 22 gerbang ini berhasil menarik pengunjung antara 250.000 hingga 500.000 orang setiap harinya.

Para penjual di sana menawarkan beberapa produk lokal mulai dari pakaian, aksesoris, lentera, barang kulit, aksesoris rumah, tembikar, rempah-rempah, karpet sutra dan perhiasan. Grand Bazaar sendiri tampak bagai labirin pada pandangan pertama, tapi tidak. Ada Jalan Perhiasan, Jalan Karpet dan sebagainya.


   Istanbul dikenal karena sejarah dan budaya yang terlekang selama 400 tahun lamanya. Salah satu istana yang tak kalah indah di Istanbul adalah Istana Topkapi. Ini adalah kediaman resmi di kota para sultan Turki Utsmani. Istana Topkapi juga menjadi daerah bersejarah Istanbul yang menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1985.

Istana kebanyakan digunakan sebagai tempat untuk acara kerajaan dan acara hiburan Tak lupa menjadi daya tarik wisatawan. Ada juga sebuah museum yang berisi peninggalan paling suci dari dunia Muslim, seperti jubah Nabi Muhammad dan pedang. Di dalamnya juga berisi koleksi besar barang pecah belah, senjata, perisai, baju, miniatur Ottoman, naskah kaligrafi Islam dan mural, serta tampilan harta dan perhiasan milik para raja.
                                                 
Sepanjang dinding terdapat tiga pintu gerbang utama, yaitu Gerbang Otluk, Demir Gate dan Pintu Gerbang Imperial (Bab-i Humayun). Istana tersebut juga memiliki empat halaman besar dan semuanya mengarah ke satu sama lain.

Ada juga budaya lain yang dikenal sebagai 'Hamam' atau bak mandi Turki. Metode pembersihan tubuh dan relaksasi ini dimulai saat periode Ottoman.

8 comments:

  1. turki satu2 nya tempat yang aku teringin nak pergi... huhuhu...

    ReplyDelete
  2. indah kan seni bina tu? fiq bila tgk filem istanbul tu pun, terus rasa cm nk g sangat!!!!!!!! huhu :)

    ReplyDelete
  3. Jemput join Segmen Review Blog by Syaza Raihanah

    http://syaza-applemints.blogspot.com/2013/02/segmen-review-blog-by-syaza-raihanah.html

    ReplyDelete
  4. jom pegi... awak belanje kite... hehe

    ReplyDelete
  5. serius cantekk . bley la honeymoon kt cni nnt :3

    ReplyDelete
  6. mmg cantik istanbul ni tau.. :)done follow sini.. come visit my site.. http://www.sayeshukepink.com/

    ReplyDelete
  7. salah satu tempat yg teringin sangat nak pergi...harap jadi kenyataan

    ReplyDelete
  8. Salam ziarah daripada saya :) Ikhwan anda.... "Cahaya Allah tidak pernah sirna"
    http://cahaya81ilahi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Do comment this entry :)